Langsung ke konten utama

IMAN YANG MENYEMBUHKAN

 Bacaan Injil Kamis, 9 Februari 2023

Markus, 7 : 24 - 30


Hari ini penginjil Markus mengisahkan tentang penyembuhan seorang anak dari ibu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia yang kerasukkan Roh Jahat. Karena Iman ibunya ini, maka anaknya pun sembuh. Hal ini jelas judul dari perikop bacaan hari ini : " Perempuan Siro-Fenisia yang Percaya."
Walaupun Yesus tidak ingin kedatangan-Nya di Tirus diketahui oleh orang banyak, tetapi ada yang menggerakkan hati perempuan itu setelah mendengar tentang Yesus lalu datang ke Yesus dan tersungkur di depan kaki Yesus. Suatu sikap kerendahan hati, bersandar pada belas kasih Tuhan dan Percaya pada Yesus lah yang ditunjukkan oleh seorang ibu dari Siro-Fenisia kepada kita semua pengikut Kristus di jaman ini.

Lalu, apa yang dimaksudkan penginjil Markus dalam ay. 27 dengan perkataan Yesus: " Biarlah anak-anak kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti  yang  disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya ke anjing." 

Yesus hidup dijaman Yahudi. Dalam keraya pewartaan-Nya perumpamaan-perumpamaan yang dipakai selalu dalam kaitan dengan kehidupan di jaman itu.
"Anak-anak" yang dimaksudkan dalam perikop ini adalah bangsa Yahudi. Misi pewartaan Yesus sebenarnya pertama-pertama diperuntukkan bagi Orang-orang Yahudi. Hal ini agar bangsa Yahudi lah yang telah menerima kabar Gembira itu dapat menjalankan tugas pewartaan dan menjadi berkat untuk semua orang di seluruh penjuru dunia.
Dan kata "Anjing" adalah sebutan bagi orang-orang yang bukan Yahudi di jaman itu. 
Oleh karena itu, dapat dimengerti Yesus mau menyampaikan bahwa Dia harus mengutamakan dulu Orang Yahudi baru untuk bangsa lain. Namun, Yesus menyadari juga Kedatangan-Nya ke dunia untuk keselamatan semua orang "Yang Percaya" kepada-Nya. Dengan kesembuhan anak perempuan itu, penginjil Markus mau menegaskan bahwa : Iman-lah yang sebenarnya menyelamatkan kita.

Ibu itu menyadari perkataan Yesus bahwa " Ia datang pertama untuk Orang Yahudi " maka iya mengatakan: " Benar, Tuhan"; namun dia yakin dan percaya akan belas kasih Allah dengan mengatakan : " Tetapi anjing yang dibawah meja juga makan dari remah-remah yang jatuh dari anak-anak." Ibu itu percaya, Roti kehidupan - Sabda Keselamatan  sekecil apa pun akan diterima oleh semua orang selain Orang Yahudi. Karena iman ini maka Yesus mengatakan : " Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan sudah keluar dari anakmu."

Lalu, bagaimana dengan kita sebagai pengikut Kristus dan murid-Nya di jaman ini ?

Kadang kita masa bodoh walaupun Yesus mengunjungi kita dengan terang-terangan.
Kita sia-siakan iman kita, sehingga orang lainlah yang mendapat anugerah keselamatan dan penyembuhan.
Sekali lagi, kita justru mengandalkan kekuatan lain atau allah-allah lain. 
Saat ini belum kita rasakan, namun saat dimana kita pun akhirnya mengalami penderitaan sebab kita sia-siakan Iman kepada Kristus Yesus Tuhan.

Mari, jangan Sia-siakan iman kita kalau ingin diselamatkan dan tidak mau menderita.
Semoga!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUASA TUHAN ATAS BADAI KEHIDUPAN

                                                         Selasa, 02 Juli 2024                                                        Bacaan Mat.28:23 - 27 Dalam bacaan Injil Matius 8:23-27, kita di suguhkan tentang kisah Yesus dan para murid-Nya yang berada di perahu dan tiba-tiba badai besar melanda danombak besar mulai memasuki perahu. Para murid pun ketakutan, namun Yesus tidur dengan tenang. Mereka kemudian membangunkan Yesus dan memohon agar Dia menyelamatkan mereka.  Yesus bangun, menegur angin dan laut, lalu terjadilah keadaan teduh. Dalam kejadian ini, kita belajar bahwa Yesus memiliki kuasa yang besar atas alam. Dia mampu menguasai badai dan laut dengan hanya mengucapkan satu kalimat. Ini mengingatkan kita bahwa kita bisa percaya dan bergantung kepada-Nya dalam setiap kesulitan yang kita hadapi.  Renungan dari bacaan ini mengajarkan kita untuk mempercayai kuasa dan kehadiran Tuhan dalam hidup kita, bahkan saat badai kehidupan melanda. Kita tidak perlu takut, karena Tuhan s

YESUS TABIB MAHAKUASA

Bacaan Injil, Jumat 12 Januari 2024 Markus 2: 1-1 2 Saudara saudari yang terkasih dalam Yesus mengampuni dosa jauh lebih penting daripada menyembuhkan penyakit , namun hanya Yesus yang diberi kuasa untuk mengampuni dosa. Dunia sekarang manusia tidak memiliki obat untuk pulih dari dosa karena memang dosa adalah jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh siapapun kecuali Dia sang juru selamat'. Yesus tidak langsung menyembuhkan sakit fisiknya, tetapi memberi prioritas pada kesembuhan rohani dengan cara mengampuni dosa. Apa artinya kesembuhan fisik jika kerohaniannya tetap lumpuh dan sakit? Yesus tidak hanya memulihkan tetapi menyelipkan pengajarannya yang berharga bahwa lumpuh rohani jauh lebih berbahaya dan mematikan ketimbang kelumpuhan fisik.Ia tertarik dengan iman yang begitu mendalam dari Rombongan yang membawa orang lumpuh tersebut. Niat yang kuat ingin menjumpai Yesus bukan hanya tanda simpatik bagi sahabat yang lumpuh namun mereka tau bahwa Yesus sanggup memulihkan sang

MENGIKUTI YESUS TANPA KEPALSUAN

  Bacaan Injil Jumat 05 Januari 2024 Yohanes, 1:43 - 51 Hari ini penginjil Yohanes kembali mengisahkan tentang murid Yesus yang mengikuti Dia. Kemarin Andreas dan Simon yang di sapa Yesus dengan Kayafas (Patrus) mengikuti Yesus dan menjadi murid-Nya. Hari ini, Filipus yang panggil dan diajak untuk mengikutinya. Hanya dengan berkata: "Ikutilah Aku!" Filipus pun tanpa pertimbangan. Mengikuti-Nya. Dan sebagaimana Andreas mengajak Simon Petrus untuk mengikuti Sang Mesias, kini Filipus menemui Natanael dan mewartakan pertemuan dia dan Sang Guru, Mesias Anak Allah. "Kami telah menemukan Dia yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan para nabi, yaitu  Yesus anak Yusuf dari Nazareth. Lain hal dengan Simon Petrus yang kemarin kita dengar langsung mengikuti ajakan Andreas dan menemui Yesus. hari ini Natanael tidak begitu saja percaya ajakan Filipus. " Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazareth?" demikian keraguan Natanael akan pernyataan Filipus. Namun, sebagai